Lakukan yang terbaik untuk orang tercinta disamping anda

Sabtu, 26 Oktober 2013

Profesi IT: Administrator Jaringan

Administrator jaringan adalah orang yang bertugas untuk menjaga dan mengoperasikan serta mengatur sistem jaringan. Contoh tugas administrator jaringan adalah mendesain, memasang dan mendukung LAN/WAN, internet maupun intranet dalam suatu organisasi/perusahaan, seorang admin jaringan dituntut untuk dapat bertanggung jawab serta menunjukkan keterampilan teknis untuk melaksanakan pekerjaanya dengan baik. Pokok sistem administrasi termasuk sistem komputer dan cara orang menggunakannya dalam sebuah organisasi. Hal ini memerlukan pengetahuan tentang sistem operasi dan aplikasi, serta perangkat keras dan perangkat lunak pemecahan masalah, tetapi juga pengetahuan tentang tujuan bagi orang-orang dalam organisasi menggunakan komputer.

Pada intinya administrator jaringan bertugas mengelola serta menjaga seluruh sumber daya pada sistem jaringan agar kinerja jaringan lebih efektif dan efisien dilihat dari fungsi, struktur dan keamanan jaringan itu sendiri. Hal umum yang biasanya harus dikuasai oleh seorang administrator jaringan adalah sebagai berikut: 

1.      Pengetahuan dasar tentang komputer teori maupun praktek, hal ini sangat penting karena tidak mungkin menjadi seorang administrator jaringan komputer namun bagaimana kerja sistem komputer sendiri tidak dikuasai dengan baik.

2.      Pengetahuan tentang berbagai perangkat keras jaringan komputer seperti ; repeater, hub, switch, router, antena, kabel dan berbagai perangkat pendukung lainnya, pemahaman meliputi cara kerja, pemasangan dan konfigurasi.

3.      Pemahaman tentang routing teori maupun konfigurasi harus di kuasai dengan baik agar mampu membangun jaringan dengan baik hal ini sangat diperlukan terutama jika komputer ataupun sub organisasi perusahaan sangat banyak.

4.      Pengetahuan tentang sistem keamanan komputer terutama jaringannya ( network security ) akan sangat membantu dan memberikan nilai lebih.

5.      Selain kemampuan teori maupun praktek yang harus dikuasai dengan baik hal lain adalah memiliki etika profesional, tanpa etika dan sikap seorang profesional yang baik maka semua kemampuan teori maupun praktek yang dikuasai tidak akan berarti banyak.

Menurut daftar gaji yang dikeluarkan Kelly Services untuk Indonesia, seorang administrator jaringan dengan pengalaman 2-3 tahun bisa menerima gaji antara 5-9 juta rupiah per-bulan, cukup lumayan bagi pekerja IT dengan banyak tugas.
Tanpa gelar TI pun sebenarnya seseorang bisa tetap masuk hitungan asalkan memiliki sertifikasi, misalnya :
CCNA, CCNP, CompTIA Network+ atau MCSE, dan pengalaman yang cukup di bidang jaringan komputer.

1 komentar: