Dalam perkembangan manusia pasti akan mengalami suatu masa-masa antara lain masa remaja yaitu masa transisi dimana masa ini peralhin antara masa kecil dengan menuju masa yang lebih dewasa.Dalam masa remaja cenderung mengalami perilaku yang menyimpang dari aturan dan norma-norma yang ada,dengan perilaku seperti ini para remaja cenderung menjadi sasaran pengaruh media massa.Pemuda atau disebut dengan para remaja memiliki beban tanggung jawab sebagai penerus generasi bangsa yang akan melanjutkan perjuangan dan cita-cita dari generasi sebelumnya.
Proses sosialisasi generasi muda adalah suatu proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk menselaraskan diri di tengah-tengah kehidupan masyarakat.Oleh karena itu tahapan dalam pengembangan diri para pemuda untuk dapat menseleksi berbagai kemungkinan yang ada sehingga dapat mampu mengendalikan diri dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat.
Pembinaan dan Pengembangan Generasi Muda
Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda ditetapkan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan dalam keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor :0323/U/1978 tanggal 28 Oktober 1978,maksud dan tujuan dari pola tersebut adalah agar semua pihak yang turut serta dan berkepentingan dalam penanganannya benar-benar menggunakan sebagai pedoman sehingga pelaksanaannya dapat terarah dan menyeluruh serta tepat sasaran pada yang dituju.
Pola dasar pembinaan dan pengembangan generasi muda disusun berlandaskan kepada :
Landasan idiil : Pancasila
Landasan Konstitusional : Undang-Undang Dasar 1945
Landasan Strategis : Garis-garis Besar Haluan Negara
Landasan Historis : Sumpah Pemuda Tahun 1928 dan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
Landasan Normatif : Etika, tata nilai dan tradisi luhur yang hidup dalam masyarakat.
Dalam mengembangkan potensi dan pengarahan pola pembinaa generasi muda dapat melalui jalur pendidikan,khususnya dalam kegiatan belajar mengajar disekolah baik swasta maupun negeri karena hampir sebagian besar waktu generasi muda dalam sehari dilakukan di sekolah atau tempat pendidikan. Dengan manfaat dikembangkannya tempat pendidikan yang baik dapat mengembangkan potensi minat dan bakat para generasi muda,sehingga kegiatan yang dilakukan dalam suatu tempat pendidikan tidak sia-sia dan dapat membentuk jiwa generasi muda yang lebih positif dan dapat berguna bagi sekitarnya termasuk di lingkungan masyarakat,bahkan bagi dunia.
Sumber : MKDU Ilmu Sosial Dasar
karya Harwantiyoko & Neltje F.ktuuk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar