Lakukan yang terbaik untuk orang tercinta disamping anda

Jumat, 08 November 2013

Perlindungan Keamanan untuk suatu Sistem Informasi

Pretest Manajemen Kontrol Keamanan
Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan. Sebelum membahas lebih lanjut definisi Sistem Informasi adalah kumpulan informasi di dalam sebuah basis data menggunakan model dan media teknologi informasi digunakan di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi.


Jadi, untuk mengamankan suatu sistem informasi ada beberapa yang perlu dilindungi, diantaranya:
  • Isi data atau informasi (content), yang disimpan dalam bentuk data bases dan dikomunikasikan dalam bentuk data messages.
  • Sistem pengolahan informasi (computing and/or information system), yang merupakan jaringan sistem informasi (computer network).
  • Sistem komunikasi (communication),antar sistem informasi/jaringan komputer (computer network) maupun penyelenggaraan jasa dan/atau jaringan telekomunikasi.
  • Community, yang merupakan perangkat intelektual (brainware) baik dalam kedudukannya sebagai pelaku usaha, profesional penunjang maupun pengguna. 
Keempat aspek tersebut bisa dikenal dengan istilah 4C (content, computing, communication, and community) yang merupakan bagian dari policy keamanan sistem informasi. Jadi mengamankan sistem informasi dapat mencegah dari hal-hal yang tidak diinginkan perusahaan/organisasi yang menggunakan sistem tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar