Lakukan yang terbaik untuk orang tercinta disamping anda

Rabu, 13 Maret 2013

Liburan Akhir Semester yang Menyenangkan

Liburan akhir semester kemarin merupakan liburan yang sedikit berbeda,diajak pulang kampung bersama bapak.Sudah lama sekali nggak pulang kampung,mungkin kebanyakan orang yang sudah menetap di jakarta saat menjelang hari raya pada pulang kampung tetapi tidak dengan keluarga saya,karena kesibukkan masing-masing anggota keluarga jadinya pulang kampung amat jarang.
Di liburan akhir semester 5 saya dan bapak pergi pulang kampung naik bis, lumayan lama juga perjalanannya sekitar kurang lebih 13 jam dari Jakarta timur ke daerah Wonogiri.
    Perjalanan dari Jakarta menujuWonogiri saya nikmati walau kadang suka ngeri karena bis yang saya naiki suka ngebut supirnya.Untung supir yang kebut-kebutan tersebut diganti oleh supir yang lain pas di terminal kp.rambutan jd lumayan agak nyaman perjalanannya, walaupun tetep ngebut tapi ga sengebut supir pertama tadi.Lumayan juga harga tiket bis sekarang sekitar 125 ribu rupiah,tp pelayanannya juga nggak terlalu mengecewakan karena bisnya sendiri class eksekutif yang udah ada TV, AC, toilet, tapi sayang pas perjalanan TVnya ga dinyalain cuma nyalain musik doank jd ga pol deh service bisnya mungkin takut akinya abis kali dan toiletnya jg airnya dikit.Biarpun begitu jasa pelayanan bis saat ini sudah banyak yang sudah menyediakan makan bagi para penggunanya dan gratis,tapi cuma sekali jadi pas makan sekali-kalinya itu ya kenyang-kenyangin dah daripada nanti laper lagi.
   Sudah lama gak pulang kampung sejak masih SMP,baru liburan semester kali ini pulang kampung moga-moga aja mbah ga lupa sama cucu yang satu ini. Daripada harus jauh-jauh berwisata ke luar negeri lebih baik ke kampung sekaligus menambah ikatan silaturahmi sama saudara.Ada rasa seneng juga bisa pulang kampung lagi,apalagi selama perjalanan bisa ngeliat pemandangan sawah-sawah dan pegunungan yang ga ada di jakarta nambah semangat aja buat cepet sampe ke kampung.Sesampainya dikampung tepat jam setengah 5 pagi sampe sana,walau masih ngantuk tapi terasa semangat karena dah lama ga ketemu si mbah. Gak nyangka sesampainya disana keponakan sama bude dah nyambut,untung mereka masih inget sama saya soalnya terakhir saya pulang kampung masih kecil. Hawa udara yang dingin dikampung beda banget sama dijakarta, rasanya sejuk dan gak banyak polusi jadi betah dah dikampung.Sampe rumah si mbah ternyata bapak pegel-pegel kasihan juga ngeliat bapak yang kecapean begitu,untung dijawa ada tukang urut yang handal jadi seharian dipijetin deh biar besoknya bisa jalan-jalan.
   Hari kedua dikampung rasanya beda, dingin terasa kayak dipuncak mandi pagi juga terasa males karena dinginnya. Tapi karena hari kedua ini pengen kerumah pakde yang ada dikampung sebelah abis itu ke waduk gajah mungkur jadi mau nggak mau ya mandi deh, abis mandi saya pun keluar rumah buat silaturahmi kerumah tetangga-tetangga dan saudara yang ga jauh dari rumah mbah putri.Ada yang beda dari suasana kampung jaman saya dulu terakhir berkunjung yaitu banyak banget anak sekolah yang udah pakai sepeda motor buat kesekolah sedangkan para orang tua yang biasanya sudah nenek-nenek dan kakek-kakek kepasar maupun kesawah aja jalan kaki,salut dah padahal kan lumayan jauh juga kepasar.Jaman yang modern juga ternyta sampai ke kampung, mulai dari mendapatkan barang-barang elektronik sampai kendaraan bermotor dikampung sudah lebih mudah dan ga jauh berbeda sama di jakarta.
  Akhirnya bisa tahu waduk gajah mungkur yang ada di wonogiri,karena saya berkunjungnya hari kamis bukan pas hari libur jadinya sepi ga terlalu ramai.Di waduk gajah mungkur kita tak cuma disediakan pemandangan pegunungan dan air danau saja tapi juga bisa menikmati naik perahu dan makan ikan,saya makan ikan nila yang cukup besar sampai saya kekenyangan buat makannya. Seru juga pulang kampung kali ini jadi gak pengen pulang ke jakarta rasanya.Padahal masih kepingin jalan-jalan lagi kerumah saudara tapi besoknya cuma dirumah karena banyak saudara yang kerumah,dan keesokan harinya pakde,saya dan bapak pergi ke makam untuk ziarah dan sehabis pulang dari sana makan duren tapi enggak beli karena tinggal metik kebetulan lagi musim duren. Dan tibalah waktunya pulang kembali ke jakarta karena bapak masa cutinya ga lama dan harus kembali bekerja dikantornya.
Biarpun hanya beberapa hari saja dikampung tapi saya mendapatkan pelajaran bahwasanya dikampung rasa kekeluargaan dan saling gotong royong masih sangat kental dibanding dikota jakarta yang notabene warga jakarta sudah terasuki oleh era modernisasi dari luar kayak negara barat yang terbuai oleh gemerlap kota jakarta sehingga mulai memikirkan individualisme dibanding kebersamaan dan gotong royong.Semoga saja kebersamaan dan semangat gotong royong dikampung tetap selalu terjaga dan jangan sampai terkikis oleh kemajuan jaman dengan kepemikiran individualismenya.