Pengolahan Citra
Citra = gambar = image,menurut kamus webster,
citra adalah suatu representasi, kemiripan, atau imitasi dari suatu
objek atau benda, missal :
- foto Anda mewakili entitas diri Anda sendiri di depan kamera.
- foto sinar-X thorax mewakili keadaan bagian dalam tubuh seseorang.
Citra, dari sudut pandang matematis, merupakan fungsi menerus (continue) dari intensitas cahaya pada bidang 2 dimensi.
Citra
yang terlihat merupakan cahaya yang direfleksikan dari sebuah objek.
Sumber cahaya menerangi objek, objek memantulkan kembali sebagian dari
berkas cahaya tersebut dan pantulan cahaya ditangkap oleh alat-alat
optik, misal mata manusia, kamera, scanner, sensor satelit, dsb,
kemudian direkam.
Citra sebagai keluaran dari suatu sistem perekaman data dapat bersifat :
1. optik berupa foto.
2. analog berupa sinyal video seperti gambar pada monitor televisi.
3. digital yang dapat langsung disimpan pada media penyimpan magnetic.
Grafik Komputer
• proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut;
• teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism).
• memperbaiki kualitas gambar, dilihat dari aspek radiometrik
(peningkatan kontras, transformasi warna, restorasi citra) dan dari
aspek geometrik (rotasi, translasi, skala, transformasi geometrik)
• melakukan pemilihan citra ciri(feature images) yang optimal untuk tujuan analisis
• melakukan proses penarikan informasi atau deskripsi obyek atau pengenalan obyek yang terkandung pada citra
• melakukan kompresi atau reduksi data untuk tujuan penyimpanan data, transmisi data, dan waktu proses data.
Keterkaitan dan Implementasi pada Grafik Komputer, Pengolahan Citra dan Game Technology
Grafik Komputer
Aplikasi grafika komputer adalah program komputer yang dirancang khusus
untuk menghasilkan grafis atau representasi visual dari data ke dalam
bentuk gambar, slide dan sebagainya. Ruang lingkup aplikasi grafika
komputer sangat luas mencakup dari sekedar proses interaktif. Selain itu
ruang lingkup aplikasi grafika komputermulai dari bidang dua dimensi
sampai ke ruang tiga dimensi, mulai dari pemodelan benda sederhana
sampai ke representasi data geografis.
Pengolahan Citra
Citra (image) istilah lain untuk gambar, sebagai salah satu komponen
multimedia memegang peranan sangat penting sebagai bentuk informasi
visual. Citra mempunyai karakteristik yang tidak dimiliki oleh data
teks, yaitu citra kaya dengan informasi. Ada sebuah peribahasa yang
berbunyi “sebuah gambar bermakna lebih dari seribu kata” (a picture is
more than a thousand words) Maksudnya tentu sebuah gambar dapat
memberikan informasi yang lebih banyak daripada informasi tersebut
disajikan dalam bentuk kata-kata (tekstual).
Hubungan Antara Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dan Teknologi Game
Dalam teknologi game, Grafik Komputer bertujuan menghasilkan citra
(lebih tepat disebut grafik atau Picture) dengan primitif -primitif
geometri seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Primitif-primitif
geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen
gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik, panjang garis,
jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika
komputer memainkan peranan penting dalam visualisasi dan virtual
reality. Sedangkan Pengolahan Citra ini bertujuan untuk memperbaiki
kualitas citra pada grafik agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau
mesin (dalam hal ini komputer). Bentuk sederhana dari keduanya adalah
grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer
3D, pemrosesan citra (image processing).
Implementasi Antara Grafik Komputer dan Pengolahan Citra dan Teknologi Game
Pada dasarnya, aplikasi yang di buat dalam pembuatan game itu sendiri
merupakan sebuah Implementasi Antara Grafik Komputer dan Pengolahan
aplikasi komputer dan juga ditulis dengan script atau bahasa
pemrograman, sehingga sangat membantu dalam teknologi game saat ini.
Grafik komputer dan pengolahan citra pada saat ini sangatlah di
butuhkan. baik pada perusahaan dalam bidang tekhnologi maupun
Negara-negara berkembang lainnya, banyak perusahaan yang berpusat dalam
bidang tekhnologi berlomaba-lomba membuat sesuatu hal yang baru (seperti
game) dan menarik untuk di pasarkan di masyarakat. Dan itu sangat
membutuhkan sesuatu design dengan grafik-grafik komputer .
Aplikasi Grafik Komputer dan Pengolahan Citra Dalam Bidang Kedokteran
Citra medis (medical image) memiliki kandungan informasi yang sangat
penting. Hal tersebut menjadikan citra kedokteran umumnya memiliki
ukuran yang besar.Citra medis yang berukuran besar menimbulkan masalah
pada penyimpanan dan pengiriman citra kedokteran, yaitu kebutuhan media
penyimpanan data yang besar serta waktu pengiriman yang lama. hal
tersebut mengakibatkan munculnya kebutuhan akan kompresi citra
kedokteran tanpa mengurangi informasi yang tersimpan dalam citra
tersebut (lossless).
Mikroskop elektron adalah salah satu contoh dari pengolahan citra dalam
bidang kedokteran, yang di maksud dengan mikroskop elektron adalah
sebuah mikroskop yang dapat memperbesar detail sangat kecil dengan
kekutan sehingga menyelesaikan tinggi akibat penggunaan elektron sebagai
sumber penerangannya. Pembesaran dalam hal ini di tingkat hingga
2.000.000 kali. Adapun kegunaan dari mikroskop elektron yaitu digunakan
dalam patologi anatomi. Patologi anatomi ini berfungsi untuk
mengindentifikasi organel dalam sel namun kegunaanya telah sangat
dikurangi dengan immunhistochemistry tetapi masih tak tergantikan untuk
diagnosis penyakit ginjal, identifikasi sindrom silia immotile dan
banyak tugas-tugas lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar