Lakukan yang terbaik untuk orang tercinta disamping anda

Jumat, 14 Oktober 2011

Resume Presentasi Softskill kelompok 1

Resume Presentasi Kelompok 1
Arti Penting organisasi dalam Masyarakat
Definisi masyarakat yaitu sekumpulan makhluk sosial yang saling berinteraksi dalam kesehariannya. Interaksi ini akan menjadi jelas dan terarah jika difasilitasi oleh sebuah organisasi. Organisasi dengan tujuan tertentu dapat mengubah pola hidup masyarakat di lingkungan organisasi tersebut untuk mencapai tujuan bersama.
Ada berbagai jenis organisasi, salah satunya adalah organisasi formal dan informal. Kedua organisasi ini berbeda dalam struktur dan kepemimpinan.Dalam diskusi kelompok pertama mengambil contoh dari organisasi FPI (Front Pembela Islam). Mereka memperbincangan aksi mereka akhir-akhir ini yang dinilai kurang pantas, apalagi mereka membawa nama suatu agama. Hal ini semakin diperkuat dengan adanya media yang terus memberitakan sisi negatif dari FPI, yang disinyalir sengaja untuk pengalihan isu politik.
Saat perdebatan diskusi berlangsung ada banyak audience yang bertanya seperti berikut:
Pertanyaan: Termasuk ke dalam organisasi formal atau informal kah FPI? Apakah FPI dilindungi oleh UUD?
Jawaban: FPI adalah organisasi formal karena organisasi ini memiliki struktur kepemimpinan yang jelas. FPI tidak dilindungi oleh UU, tapi lebih tepatnya mereka yang harus mengikuti aturan UU.
Organisasi yang baik punya beberapa ciri dan kriteria. Faktor utama untuk membentuk suatu organisasi yang baik adalah visi dan misi awal yang jelas serta dukungan dari anggota yang mumpuni.
Pertanyaan: Apakah FPI merupakan organisasi yang baik jika mereka bertindak anarkis?
Jawaban: Secara struktur dan visi misi awal pembentukan, FPI adalah organisasi yang bagus,akan tetapi ulah dari anggotanya yang diluar batas jadi mencemarkan nama FPI.
Dalam berorganisasi, tentunya ada sifat dan sikap tertentu yang harus dimiliki baik oleh ketua maupun anggota.Itulah sedikit review yang dapat saya berikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar