Pasar
Ilmu ekonomi mikro adalah cabang dari
ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku konsumen dan perusahaan serta
penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input, barang, dan jasa
yang dipeerjualbelikan.
Salah satu tujuan ekonomi mikro adalah
menganalisa pasar beserta mekanismenya yang membentuk harga relatif
kepada produk dan jasa, dan alokasi dari sumber terbatas di antara
banyak penggunaan alternatif.
- – – – -
Seseorang mendirikan suatu perusahaan,
tentunya memiliki tujuan yaitu profit maximization (short run) dan going
concern (long run). Untuk mencapainya, perusahaan perlu melakukan
aktivitas (bisnis)nya guna mendapatkan keuntungan. Dan tentunya proses
keberhasilan suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya tersebut harus
masuk ke dalam pasar dengan melewatii berbagai penghalang (barriers)
serta berjuang untuk mengalahkan para pesaing.
Dalam melakukan bisnis di dalam pasar,
perusahaan perlu memiliki product differentiation dan daya saing yang
kuat (competitiveness) yaitu dengan:
a. Price Competition: Efisiensi produk
b. Non Price Competition: Kwalitas, pelayanan, promosi, trademark, dan lain-lain.
Pasar memiliki beberapa definisi, yaitu:
1.Tempat atau mekanisme yang mempertemukan kepentingan produsen dan konsumen
2.Merupakan sarana untuk meningkatkan kepuasan konsumen
3.Sarana untuk mendistribusikan barang dan jasa bagi produsen
4.Sumber informasi, baik bagi produsen, maupun konsumen
Peraturan pemerintah –> Mempengaruhi jenis atau struktur pasar dan perilaku masyarakat.
a. Perilaku masyarakat –> Mempengaruhi supply dan demand –> Mempengaruhi harga pasar
b. Struktur pasar –> Mempengaruhi harga pasar
Harga pasar adalah harga yang mengoptimalkan kepuasan semua pihak yang bertransaksi.
STRUKTUR PASAR
Struktur pasar ialah karakteristik
organisasi pasar yang mempengaruhi sifat kompetisi dan harga di dalam
pasar (Bain, 1952). Unsur-unsur pasar meliputi konsentrasi,
differensiasi produk, ukuran perusahaan, hambatan masuk, dan integrasi
vertikal serta diversifikasi.
Dalam teori ekonomi mikro, struktur pasar dibagi dalam empat macam bentuk (Paul A. Samuelson, 1995 p. 193-194).
Sumber:
1. Noor, Henry Faizal. Ekonomi Manajerial. Raja Grafindo Persada dan Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI. Mei 2007.
2. Economics : Byrn Stone; Scott, Foresman and Company, Glenview, England.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar